Protein Nabati adalah kandungan nutrisi yang dihasilkan dari tumbuhan, kandungan ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh karena protein sebagai salah satu nutrisi yang berpengaruh terhadap kinerja tubuh. Seperti yang telah banyak dikemukakan oleh ahli gizi, apabila seseorang kekurangan asupannya maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, kategori jenis nabati termasuk kandungan yang mudah dicari karena biasanya ada di sekitar kita. Maka di bawah ini ada beberapa makanan tinggi protein untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh kita.
1.Brokoli

Brokoli memiliki kandungan 5 gram , serat, karbohidrat, vitamin juga mineral dalam satu gelas, sehingga digolongkan sebagai sayur yang memiliki nutrisi yang lengkap. Anda bisa menjadikan sayur ini sebagai salah satu pilihan bahan masakan di rumah.

2.Bayam

Makanan tinggi protein  yang satu ini dalam satu gelasnya terkandung 3 gram. Sayur ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus atau dicah. Pastikan memasaknya tidak terlalu lama, agar nutrisinya tetap terjamin dan rasa tidak berubah. Jika ingin di kukus ada sedikit ide untuk campuran bumbu yaitu dengan menambahkan merica hitam dan sedikit minyak zaitun.

3.KacangPolong

Selain jenis sayuran, Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis atau kacang panjang juga mengandung protein dan serat yang tinggi. Dalam satu gelas kacang-kacangan terkandung 12-15 gram protein.

4.Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan jenis kacang kacangan yang rendah lemak juga mengandung phytochemical seperti kandungan isoflanon dan saponin yang baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit yang lumayan berat seperti jantung dan kanker. Selain itu kacang kedelai juga kaya akan protein. Kedelai mengandung 29 gram protein per gelasnya.