Cara Mudah Mengenali Kalung Berlian Asli atau Imitasi

Ada berbagai macam jenis kalung yang bisa menjadi aksesoris pelengkap penampilan para wanita. Salah satu jenis kalung yang paling disukai adalah kalung berlian asli. Tidak mengherankan jika kalung berlian menjadi buruan karena keindahannya memang tidak bisa dibandingkan dengan kalung lain. Namun sayangnya masih banyak kalung di pasaran yang menggunakan berlian palsu atau imitasi.

Membeli kalung imitasi tentu saja merugikan karena keindahannya tidak seperti kalung asli. Agar tidak salah beli, berikut ini dibahas mengenai cara mengenali kalung berlian yang asli:

Melakukan Uji Kabut

Cara mengenali kalung asli atau imitasi yang paling mudah yaitu dengan melakukan uji kabut. Uji kabut bisa dilakukan dengan meniup bagian berlian dari kalung Anda. Kabut tipis akan terlihat karena adanya kelembaban serta panas dari napas. Konsepnya sama seperti ketika Anda meniup kaca. Jika kalung Anda asli, maka kabut tersebut akan langsung hilang. Sementara kalung imitasi masih bertahan beberapa saat. Lakukan pengujian lainnya untuk memperkuat hasilnya.

Melakukan Uji Sinar UV

Pengujian kedua yang bisa dilakukan adalah pengujian dengan sinar UV atau ultraviolet. Ketika memakai kalung di luar rumah, coba lepas kalung tersebut lalu perhatikan cahaya yang dipancarkan. Kalung berlian wanita yang asli biasanya akan memancarkan warna biru. Sementara berlian yang palsu tidak mengeluarkan warna ataupun sinar apapun. Meskipun begitu, cara ini tetap harus didukung dengan pengujian lainnya. Pasalnya tidak semua berlian asli memancarkan warna biru dan tidak semua berlian imitasi tidak memancarkan warna apapun

kalung berlian asli

Melakukan Uji Titik

Uji titik atau dot test bisa dilakukan apabila berlian dalam kalung tidak terhalang oleh logam. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan kertas putih bersih dan rata. Gambar titik kecil menggunakan pena hitam pada kertas putih tersebut. Setelah itu, letakkan kalung Anda di atas titik yang sudah digambar tadi. Lihat hasilnya dari bagian atas. 

Pada kalung berlian yang asli, titik tersebut tidak akan terlihat. Hal tersebut terjadi karena cahaya memantul ke arah yang berbeda, bukan garis lurus yang ada titiknya. Pantulan ini juga yang membuat berlian terlihat indah. Berbeda dengan kalung asli, titik akan terlihat jika kalung Anda imitasi.

Melakukan Uji Refraksi

Uji refraksi konsepnya hampir sama seperti uji titik, namun Anda menggunakan koran sebagai ganti kertas bertitik tersebut. Caranya yaitu meletakkan kalung berlian di atas selembar koran. Pencahayaan di ruangan harus bagus serta usahakan tidak ada orang atau benda yang membuat bayangan di berlian. Lihat apakah tulisannya bisa dibaca atau tidak. Berlian asli membiaskan cahaya ke arah berbeda sehingga tulisannya tidak akan terbaca. Sebaliknya berlian imitasi membiaskan cahaya secara lurus sehingga tulisannya akan terbaca.

Mengecek Keaslian Sertifikat

Cara mengenali kalung berlian yang asli dan imitasi terakhir yaitu dengan mengecek keaslian sertifikat. Pastikan sertifikat kalung berlian Anda berasal dari lembaga kredibel seperti GIA, AGS, IGI, EGL, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan keasliannya dengan melihat tanda hologram di sertifikat dan mengecek kode sertifikat secara online.

Itulah cara mengenali kalung berlian asli dan imitasi yang sangat mudah dilakukan. Agar tidak susah-susah melakukan pengujian pada kalung yang dibeli, pastikan Anda membeli kalung di tempat yang tepat. Mondial Jeweler adalah toko perhiasan yang tepat untuk Anda karena termasuk toko kredibel di bawah PT. Central Mega Kencana.

Semua kalung berlian memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga kredibel. Selain itu, ada penilaian kualitas lain yang dinamakan penilaian Light Performance. Penilaian tersebut dilakukan untuk mengetahui keindahan berlian. Jika penasaran dengan kalung Mondial Jeweler, Anda bisa langsung ke gerai fisiknya atau mengunjungi website www.mondialjeweler.com