Bisnis

Tips & Trik Cara Ganti Alamat SIM dengan Mudah

Pada kartu SIM pribadi sebaiknya Anda harus memperhatikan identitas yang ada pada SIM Anda, seperti nama ataupun alamat. Jika pada alamat Anda terdapat kesalahan sebaiknya Anda mengatasinya dengan segera. Jangan bingung, di dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara ganti alamat SIM.

SIM merupakan bagian yang paling penting untuk seorang pemudi. Kesalahan Identitas SIM tentu akan mempersulit Anda di waktu tertentu salah satunya saat penilangan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatasi alamat yang salah pada. 

Inilah Tips & Trik Mengganti Alamat SIM

Alamat sim harus disesuaikan dengan alamat yang ada pada KTP Anda, jika terjadi perbedaan sebaiknya lakukan tips & trik di bawah ini.

Penuhi Persyaratan

Yang pertama Anda harus menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu, agar bisa mengubah alamat SIM Anda. persyaratan yang harus disiapkan yakni berkas dokumen yang di antaranya, KTP terbaru beserta fotokopinya, surat keterangan sehat jasmani, serta uang untuk biaya perpanjangan SIM yang Anda miliki.

Datangi Satpas SIM di Wilayah Terdekat Anda

Yang kedua Anda bisa langsung mendatangi Satpas SIM di wilayah yang dekat dengan lokasi Anda atau di wilayah yang sesuai dengan alamat yang baru. Anda tak perlu datang ke tempat pembuatan SIM awal.

Begitupun persyaratan untuk mengganti alamat SIM di saat Anda ingin memperpanjangnya. Saat Alamat KTP Anda berubah, Anda pun dapat memperpanjang simnya dengan membawa persyaratan tertentu seperti yang telah disebutkan tadi dan dengan membawa kartu SIM yang lama. 

Jangan lupa untuk memperpanjang SIM di waktu Anda melakukan perubahan identitasnya.  Jangan sampai telat memperpanjang SIM di waktunya. Masa berlaku SIM yakni dengan jangka waktu 5 tahun. Dengan mengetahui masa berlaku ini, sebaiknya Anda berusaha untuk memperpanjang SIM di awal waktu. 

Jika Anda terlambat satu hari saja, Anda harus membuat SIM dari awal lagi dan itu hal yang sangat merepotkan untuk Anda lakukan bukan?