Kesehatan

Cara Membuat Tekstur Bubur Bayi 6 Bulan yang Bernutrisi

Tahukah Anda, di usia 6 bulan anak-anak sudah bisa mengkonsumsi MPASI atau makanan pelengkap ASI pertama. Namun tekstur bubur bayi 6 bulan harus dibuat lembeh dan halus. Selain tekstur, Anda juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan kandungan nutrisinya.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat bubur bayi dengan tekstur yang baik tanpa mengabaikan kandungan nutrisinya, berikut akan kami jelaskan secara detail langkah-langkahnya kepada Anda.

1.  Memilih Bahan Makanan Bernutrisi

Perlu Anda ketahui, hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membuat makanan untuk anak di usia 6 bulan adalah bahan-bahannya. Pastikan Anda hanya memilih bahan-bahan bernutrisi bagus.

Adapun bahan yang bisa Anda gunakan mulai dari sayuran, beras merah, beras putih, daging tanpa lemak, ikan, hingga buah-buahan.

2.  Proses Pengolahan

Untuk mengoptimalkan tekstur dan kandungan nutrisinya, maka Anda harus mengolah makanan tersebut menjadi lebih optimal. Proses pengolahan bisa dengan cara direbus ataupun dikukus. Silahkan pilih salah satu proses pengolahan tersebut.

Namun pastikan Anda mengolah sayuran secara tepat. Pengolahan makanan dari sayuran tidak boleh terlalu panas agar kandungan nutrisinya terjaga. Namun berbeda dengan daging yang harus Anda matangkan sematang mungkin hingga lembek.

3.  Proses Penghalusan Makanan

Setelah direbus maupun dikukus, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menghaluskan makanan. Cara menghaluskan makanan bisa Anda proses secara manual maupun diblender. Silahkan sesuaikan proses penghalusannya sesuai dengan keinginan.

Proses penghalusan makanan sangat penting agar makanan tersebut menjadi lebih halus dan lembek sehingga mudah dikonsumsi oleh si kecil. Karena sejatinya, MPASI pertama harus bertekstur halus.

Rekomendasi MPASI Untuk si Kecil

Saat ini Anda tidak perlu mengolah sendiri makanan menjadi MPASI. Pasalnya kini telah hadir Cerelac bubur bayi yang bagus untuk kebutuhan makanan anak-anak di usia 6 bulan. Selain itu, Cerelac adalah produk bubur bayi yang terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah dikeringkan.

Itulah tips membuat tekstur bubur bayi 6 bulan yang bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak sebagai MPASI pertama mereka. Selain memiliki tekstur yang bagus, kandungan nutrisinya pun bagus untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.