Kesehatan

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Selain pertumbuhan fisik, Mam juga perlu memantau perkembangan yang terjadi pada Si Kecil. Berbeda dengan pertumbuhan fisik yang bisa diukur dengan angka, perkembangan tidak bisa diukur dengan angka. Perkembangan berhubungan dengan kemampuan dan kecakapan yang mereka dapatkan. Setidaknya ada 6 aspek perkembangan anak yang perlu Mam pantau secara berkala, berikut di antaranya:

Nilai Agama dan Moral

Agama dan moral merupakan modal utama dalam kehidupan manusia. Agama mengajarkan berbagai kebaikan seperti kejujuran, menolong bersama, menghormati orang lain, sopan, toleransi, dan lain sebagainya. Nilai agama dan moral termasuk aspek penting yang perlu dikembangkan sejak dini.

Fisik dan Motorik

Kemampuan fisik dan motorik berhubungan dengan kemampuan dan perkembangan tubuh Si Kecil. Kemampuan ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan usia Si Kecil. Ada tiga macam perkembangan fisik dan motorik yaitu motorik halus, motorik kasar, dan perkembangan fisik.

Sosial Emosional

Aspek perkembangan sosial emosional berkaitan dengan pengenalan diri dan kemampuan Si Kecil bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Mereka bisa mengenal perasaan sendiri, menyesuaikan dengan keadaan orang lain, bermain bersama teman, terbiasa dengan lingkungan baru, dan lain sebagainya.

Kognitif

Aspek satu ini berhubungan dengan pikiran serta akal yang dimiliki anak. Bukan hanya ketika berada di sekolah saja, aspek kognitif juga bisa dikembangkan melalui permainan-permainan tertentu. Beberapa hal yang dipelajari untuk mengembangkan kemampuan kognitif adalah memecahkan masalah, berpikir logis, serta mengenal angka, lambang, atau huruf.

Bahasa

Kemampuan bahasa anak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anak akan mempelajari banyak hal untuk meningkatkan kemampuan bahasa seperti memahami bunyi huruf, memahami bentuk huruf, tanya jawab, bercerita, dan lain sebagainya.

Seni

Seni juga termasuk aspek yang perlu dikembangkan dan dipantau sejak dini. Seni berhubungan dengan kreativitas dan juga eksplorasi anak. Beberapa hal yang termasuk dalam kemampuan seni yaitu musik, lukisan, drama, kerajinan, dan lain sebagainya. Namun kemampuan seni setiap anak tidak selalu sama.

Itulah 6 aspek perkembangan anak usia dini yang perlu Mam ketahui. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition Indonesia hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.