Wyeth
Kesehatan

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Tidur tidak hanya penting untuk orang dewasa saja, namun juga penting untuk anak di masa tumbuh kembang. Anak di bawah 5 tahun pada umumnya membutuhkan waktu tidur 11-14 jam per hari, sementara anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur 10-11 jam per hari. Bukan hanya waktu tidurnya saja yang cukup, tapi tidurnya juga harus berkualitas, apalagi saat tidur malam. 

Apabila Si Kecil mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, mereka akan lebih mudah berkonsentrasi di keesokan harinya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Mam ikuti untuk meningkatkan kualitas tidur anak:

Buat Jadwal Tidur

Hal pertama yang perlu Mam lakukan adalah membuatkan jadwal tidur yang teratur. Ketika sudah masuk waktu tidur, Mam perlu mengarahkan Si Kecil untuk mulai tidur meskipun mereka sebenarnya belum mengantuk. Mam sebaiknya konsisten terhadap waktu tersebut, bahkan ketika di akhir pekan atau hari libur. Jadwa tidur tidak hanya diterapkan pada saat tidur malam saja namun juga saat tidur siang.

Wyeth

Ciptakan Kamar yang Nyaman

Kenyamanan merupakan faktor penting yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Suasana kamar yang disukai Si Kecil bisa membantu mereka untuk lebih mudah terlelap karena merasa nyaman. Cara menciptakan kamar yang nyaman seperti memberikan kasur yang nyaman, menyelimuti Si Kecil, menyalakan musik lullaby, menyalakan pendingin ruangan, dan lain-lain.

Ciptakan Rutinitas Tidur

Selain menetapkan jam tidur, Mam juga perlu menciptakan rutinitas tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Si Kecil. Beberapa rutinitas tersebut seperti menggosok gigi, mencuci kaki, berganti baju piyama, membaca buku bersama, dan lain-lain. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa menjadi pengantar tidur bagi anak. Ketika melakukan kegiatan tersebut, anak akan mengerti bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Pastikan Si Kecil Tidak Merasa Takut

Cara terakhir yang membantu meningkatkan kualitas tidur anak adalah memastikan bahwa mereka tidak merasa takut. Tanyakan apa Si Kecil merasa takut untuk tidur atau tidak. Apabila Si Kecil lebih nyaman dengan lampu yang nyala, Mam bisa menyalakan lampu. Atau Mam bisa menemani Si Kecil hingga terlelap.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan kualitas tidur Si Kecil. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.