Bisnis

Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Apa yang Dipelajari?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih, kuliah jurusan Teknik Informatika menjadi pilihan favorit untuk lulusan SMA/SMK dewasa ini. Prospek karir yang lebih cerah menjadi peluang utama kenapa Teknik Informatika menjadi jurusan populer. Anda yang tertarik belajar pengembangan komputer dan informasi, sebaiknya ambil jurusan kuliah ini di IDS Digital College, ya! 

3 hal utama yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika 

Terkadang banyak orang yang bingung mengenai jurusan Teknik Informatika dan jurusan Sistem Informasi, bahkan ada yang menganggap kedua jurusan itu sama. Kalau Anda tertarik pada pengembangan software, maka pilihlah Teknik Informatika, sedangkan Sistem Informasi mengacu pada merancang, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi perusahaan atau organisasi tertentu. 

Supaya Anda lebih yakin hendak kuliah Teknik Informatika di STMIK Digital College, maka ketahui beberapa hal yang akan Anda pelajari selama kuliah S1 berikut :

  1. Pemrograman

Secara pengertian, pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki kode yang membangun sebuah sistem komputer bisa berjalan dengan lancar. Mahasiswa Teknik Informatika akan belajar semua bahasa pemrograman mulai paling mudah HTML hingga Pyton pun. Bahasa pemrograman merupakan makanan sehari-hari yang menjadi kunci sukses lulusan Teknik Informatika yang ingin menjadi web developer.

Dalam mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman, Anda memang dituntut memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, logika, matematika, dan sebagainya. Coding yang lancar menjadi kunci agar Anda bisa menjadi web developer yang potensial dan bekerja di perusahaan informatika terbaik.

  1. Pengembangan perangkat lunak

Pengertian perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang meliputi instruksi atau program yang menjalankan perintah perangkat komputer. Mata kuliah yang Anda pelajari tidak lepas tentang pengembangan perangkat lunak terbaru sehingga lulusan bisa mengembangkan aplikasi, desain aplikasi atau website, pengembangan e-commerce dan platform digital, serta hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan dunia digital dewasa ini. 

Anda yang ingin menjadi web developer yang profesional, wajib menguasai materi pengembangan perangkat lunak dengan baik. Siapa tahu Anda bisa menjadi seorang web developer yang menangani pembuatan desain dan pengelolaan website perusahaan, organisasi atau situs e-commerce besar di Indonesia kelak.

  1. Teknologi jaringan komputer

Mahasiswa Teknik Informatika harus tipe orang yang terbuka dan selalu update informasi terbaru di dunia teknologi. Ketinggalan informasi di bidang coding bisa membuat Anda gagal bersaing dengan pesaing yang memiliki keahlian yang sama, lho! 

Pastikan Anda tidak ketinggalan informasi di dunia 4.0 yang terus berkembang semakin pesat di era digital ini. Anak Teknik Informatika tahu bagaimana cara kerja sistem manajemen database dan transmisi data bisa berjalan lancar menggunakan teknologi jaringan komputer.

Anda akan belajar dasar konsep pembangunan jaringan komputer di suatu tempat hingga terkoneksi dengan baik, sesuai kebutuhan dan sumber daya di perusahaan atau organisasi tersebut. Apakah Anda tertarik belajar merancang mesin dan perangkat yang bisa menyusun sebuah komputer dengan baik?

Jika Anda merasa cocok dengan apa yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika secara garis besar, maka segera saja mendaftarkan diri di STMIK IDS Digital College. Dengan menggunakan kurikulum berbasis internasional, bimbingan karir serta pelatihan formal atau non formal, jaminan magang dan penempatan kerja di perusahaan yang bekerja sama dengan pihak kampus, Anda bisa menjadi the next programmer. Yuk, wujudkan ambisi Anda mendapatkan karir yang cemerlang dengan prospek gaji bulanan mencapai jutaan rupiah per bulan