7 Karakteristik Desain Ruang Tamu Bergaya Skandinavia

Selain desain minimalis, skandinavia juga menjadi gaya desain interior yang digemari oleh banyak orang. Alasan mereka menyukai gaya ini yaitu mampu menampilkan kesan sederhana, rapi dan bersih, terlihat alami, dan tampak anggun dalam kesederhanaan. Sama seperti gaya desain interior lainnya, desain skandinavia yang sering diterapkan pada desain ruang tamu ini juga memiliki beberapa karakteristik atau ciri khas. 

Anda perlu mengetahui apa saja karakteristik desain skandinavia jika ingin menerapkan pada ruang tamu hunian. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan desain ini atau tidak. Langsung saja, berikut ini adalah 7 karakateristiknya:

Dominan dengan Warna Netral

Penggunaan warna menjadi poin utama pada setiap konsep desain interior, termasuk desain skandinavia. Pada desain ini, warna warni yang digunakan dominan terang dan netral. Kebanyakan orang memilih warna putih kemudian dikombinasikan dengan warna lain seperti cokelat muda, biru muda, atau warna pastel.

Menggunakan Jendela yang Besar untuk Pencahayaan Alami

Selain melalui penggunaan warna terang, nuansa terang dari desain ruang tamu skandinavia didapatkan dari pencahayaan alami. Biasanya desain ini menggunakan jendela atau bukaan yang besar. Beberapa bahkan menggunakan dinding dari kaca agar bisa melihat ke luar dengan bebas. Pencahayaan alami dari jendela yang besar ini membuat banyak orang tertarik untuk menerapkan konsep skandinavia.

desain ruang tamu

Menggunakan Material Kayu

Desain skandinavia identik dengan penggunaan kayu sebagai material furniture. Hadirnya elemen kayu ini mampu memberikan nuansa hangat pada ruang tamu Anda. Selain furniture, material kayu juga digunakan pada bagian lainnya seperti lantai dan langit-langit. Agar lebih selaras, biasanya material kayu yang digunakan tidak memiliki warna yang terlalu kontras.

Minim Dekorasi

Desain minimalis adalah desain yang populer karena sederhana namun tetap cantik. Sama dengan desain minimalis tersebut, skandinavia sama populernya lantaran menggunakan konsep yang sama yaitu sederhana dan fungsional. Penggunaan dekorasi yang minim membuat ruang tamu terasa lebih lapang. Selain itu, biasanya dekorasi yang digunakan juga tidak berlebihan misalnya seperti satu hingga dua hiasan dinding sederhana.

Tidak Menggunakan Banyak Furniture atau Barang

Tidak hanya elemen dekorasi saja yang minim, desain skandinavia juga tidak menggunakan banyak furniture atau barang. Di negara asalnya, desain skandinavia sering kali diterapkan pada hunian berukuran kecil. Oleh sebab itu, barang atau furniture yang digunakan tidak boleh berlebihan agar konsep sederhana tetap bisa terasa. Meskipun begitu, masih banyak juga rumah berukuran besar yang menerapkan desain skandinavia.

Tanaman Hias

Tanaman hias biasa digunakan pada hampir semua desain ruang tamu, salah satunya yaitu skandinavia. Adanya tanaman ini mampu mempercantik ruangan serta membersihkan udara. Beberapa tanaman yang bisa Anda pilih yaitu sukulen, kaktus, atau monstera.

Penggunaan Kain Sebagai Elemen Dekorasi

Anda mungkin akan menemukan kain-kain pada desain skandinavia. Pasalnya kain sering sekali digunakan sebagai salah satu elemen dekorasi. Kain biasanya akan diletakkan di sofa ruang tamu. Selain mempercantik ruangan, elemen dekorasi ini ternyata juga berfungsi menghangatkan ruangan.

Itulah 7 karakteristik desain ruang tamu skandinavia yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menerapkan elemen-elemen di atas jika ingin mendapatkan ruang tamu skandinavia. Jika ingin mendapatkan inspirasi lainnya, cobalah menggunakan fitur dari Masterumah.id. Ruang inspirasi ini dibangun oleh Semen Tiga Roda untuk membantu mewujudkan hunian impian Anda. Selain fitur Inspirasi, ada beberapa fitur lainnya yaitu Cari Vendor, Tanya Master, dan Hitung RAB untuk menghitung Rancangan Anggaran Biaya. Kunjungi website masterumah.id untuk mendapatkan semua fitur-fitur tersebut.