Kenali Perbedaan Deposito dan Tabungan yang Menguntungkan

Mayoritas orang telah memiliki akun di rekening bank sebagai tempat menyimpan uang atau membantu kemudahan transaksi keuangan di era digital ini. Jika Anda ingin menikmati bunga tabungan yang lebih tinggi, ada baiknya pilih deposito. Apa itu deposito dan keuntungan yang ditawarkan lebih baik dari tabungan reguler? Supaya Anda tidak salah paham, sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini. 

Perbedaan deposito dan tabungan di Bank Sinarmas

Deposito merupakan pilihan tepat untuk Anda yang memiliki perencanaan keuangan dalam periode tertentu, misalnya ingin memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan pernikahan, pendidikan atau lainnya. Sedangkan produk tabungan bisa menjadi solusi Anda dalam menyimpan uang sewaktu-waktu, bahkan menggunakan isi tabungan saat dibutuhkan kapan saja. Di era digital, Anda bisa menggunakan dana tabungan lewat aplikasi online saja di Bank Sinarmas, kok. 

Berikut rangkuman singkat mengenai deposito berjangka dan tabungan yang harus Anda pahami lebih lanjut yaitu :

Apa itu deposito
Apa itu deposito
  1. Suku bunga deposito lebih tinggi

Deposito lebih diminati banyak kalangan sebab menawarkan suku bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Bila tabungan hanya menawarkan bunga mulai 0,0 persen, maka deposito bisa berkisaran di atas 1 persen, lho! Tentu ada ketentuan tentang minimal nominal penempatan dan periode yang Anda inginkan.

  1. Fleksibilitas 

Membicarakan fleksibilitas dalam menyetor dan mengambil uang, maka tabungan memang lebih unggul. Anda bisa melakukan penyetoran dan pengambilan uang lewat ATM tanpa harus antre ke teller bank terdekat. Tentu hal ini menjadi keunggulan tabungan dibandingkan deposito yang tidak bisa dicairkan sebelum masa jatuh tempo tiba. 

Apa itu deposito? Ya, deposito menjadi tabungan Anda dalam jangka waktu lebih panjang agar tidak ada keinginan mengeluarkan uang untuk tujuan konsumtif. Bila Anda butuh dana segar dalam waktu dekat dan belum jatuh tempo, deposito bisa dicairkan dengan ketentuan pembayaran penalti pada pelanggan terkait.

  1. Tujuan memilih produk keuangan 

Jika Anda memiliki tujuan investasi dengan risiko yang lebih minim dibandingkan instrumen investasi lain, maka deposito bisa menjadi solusi yang tepat. Tidak ada risiko sebab bunga dibayarkan pada masa jatuh tempo dan bebas biaya administrasi bulanan. Hanya saja Anda harus memilih Bank Sinarmas yang kredibel dan terjamin LPS bila terjadi risiko deposito tidak bisa dicairkan karena faktor kebangkrutan.

Sedangkan Anda yang ingin menabung untuk kebutuhan darurat, maka wajib memilih produk keuangan berupa tabungan. Tabungan memiliki kartu debit yang memudahkan Anda menggunakannya sebagai transaksi pembayaran yang sah di merchant terkait. 

  1. Keuntungan deposito dan tabungan 

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank, maka bilyet deposito bisa menjadi salah satu jaminan. Tentu nominal uang yang diajukan harus dibawah nilai deposito Anda tersebut. Toh, cara mengajukan deposito sangat mudah sebab Anda bisa mengajukan pendaftaran pembukaan rekening deposito secara online. 

Dari segi pengajuan, tabungan memiliki fleksibilitas yang sama di era digital ini. Tinggal manfaatkan ponsel dan akses internet agar pembukaan nomor rekening bank baru bisa dilakukan lebih cepat dan praktis. Baik deposito dan tabungan dijamin LPS sehingga Anda bisa tenang memiliki instrumen investasi dan simpanan dana untuk masa pensiun kelak. 

Kini Anda tidak perlu bingung memikirkan apa itu deposito dan keuntungan yang ditawarkan lebih besar daripada tabungan konvensional. Bunga yang tinggi dan bebas biaya administrasi membuat nominal deposito Anda akan semakin besar saat jatuh tempo nanti. Segera buka rekening deposito berjangka sesuai kebutuhan hanya di Bank Sinarmas yang praktis dan fleksibel!