Tips Optimalkan Proses Perkembangan Anak Umur 1 Tahun

Pada usia anak 0-5 tahun, tumbuh kembang anak akan terjadi begitu pesat. Pada masa ini merupakan masa keemasan bagi tumbuh kembang anak. Anak akan tumbuh dang berkembang dengan baik apa bila pada usia ini diberikan perhatian yang cukup. Untuk mendukung tumbuh kembang si kecil agar maksimal, kebutuhan nutrisi si kecil harus terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang cukup akan membantu sel-sel tubuh bekerja dengan maksimal. Selain nutrisi yang cukup, si kecil juga perlu diasah kemampuannya agar si kecil dapat berkembang lebih cepat. Saat anak umur 1 tahun, anak perlu pengawasan lebih dari orang tuanya dalam proses perkembangannya. 

Penuhi Kebutuhan Asupan Gizi yang Sempurna dan Sehat

Untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 1 tahun, asupan nutrisi pada si kecil harus terpenuhi dengan baik. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang cukup. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, maka dari itu pemilihan makanan sangat penting. Selain memberikan makanan bernutrisi tinggi, pap dan mam dapat memberikan nutrisi tambahan seperti susu.

anak umur 1 tahun

Kandungan protein dan kalsium yang ada dalam susu akan sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan otot  si kecil sehingga si kecil dapat mencapai tinggi yang optimal. Kandungan omega serta vitamin dalam susu juga dapat memaksimalkan kerja otak dan metabolisme tubuh sehingga si kecil akan tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Asah Kemampuan dalam Melakukan Aktifitas yang Positif

Saat anak usia 1 tahun, kemampuan fisik, kecerdasan dan emosional si kecil juga perlu dilatih dengan baik agar si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang baik, sehat dan cerdas. Kemampuan otaknya dapat dilatih dengan sering mengajak si kecil berkomunikasi. Meskipun pap dan mam tidak akan mengerti dengan jawabannya, tetap ajak si kecil berkomunikasi sebab dari komunikasi tersebut si kecil akan mendapatkan perbendaharaan kata lebih banyak dan dapat menganalisis ekspresi serta emosi dalam komunikasi tersebut.

Selain komunikasi, pap dan mam juga perlu melatih fisiknya dengan melatih motoriknya. Latih si kecil untuk berjalan, memegang, agau mengambil barang di sekitar. Jangan memperlihatkan sesuatu yang sifatnya negatif di depan si kecil, sebab di masa ini anak merupakan peniru ulung.