Cara Buat Aplikasi Android Untuk Pemula

Saat ini aplikasi android banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya yaitu untuk kebutuhan layanan suatu perusahaan, hingga untuk penjualan. Seiring berjalannya waktu, cara buat aplikasi Android pun cukup dimudahkan.

Bagi para pemula, kami punya trik dan cara untuk membuatnya. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini:

1.      Memasang Software Pembuat Aplikasi Android

Unduh dan pasang terlebih dahulu software untuk membuat aplikasi Android. Ada dua jenis aplikasi yang harus Anda install, yaitu Aplikasi JDK (Java Development Kit) dan Aplikasi Android Studio.

JDK sendiri merupakan aplikasi pemrograman Java ke bahasa pemrograman bytecode. Sedangkan aplikasi Android Studio merupakan software untuk membuat aplikasi Android.

2.      Membuat Struktur Project, Interface dan Linear Layout

Silahkan Anda buka software Android Studio. Kemudian silahkan Anda klik “Start a New Android Studio Project”. Tujuannya yaitu untuk membuat struktur project dan interface aplikasi Android.

Setelah itu, silahkan Anda membuat Linear Layout baik berbentuk vertikal maupun horizontal sebagai proses selanjutnya cara buat aplikasi Android.  

3.      Mengatur Komponen

Cara buat aplikasi Android selanjutnya, silahkan buat relative layout yang merupakan sebuah grup struktur kode yang dapat mengatur berbagai komponen di dalamnya. Untuk membuatnya, silahkan Anda buat coding di main activity dan activity_main.xml terlebih dahulu.

Jika sudah, Anda bisa langsung mengklik tombol “Play” pada software Android Studio untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android

Bingung mencari software untuk membuat aplikasi Android selain Android Studio? Berikut kami punya beberapa rekomendasi terbaik dan mudah digunakan untuk pemula:

1.      Eclipse

Software Eclipse digunakan untuk membuat software aplikasi di berbagai platform. Sederhananya, Eclipse merupakan software multi platform yang tergolong powerfull.

Software ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Kendati demikian, Eclipse juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti C, Python, Php, Perl, dan lainnya.

2.      NetBeans

Software yang satu ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, PHP, c++, dan beberapa bahasa pemrograman lainnya. Software ini juga dikembangkan oleh developer ternama, yaitu Oracle.

3.      Unity

Pada awalnya, software Unity hanya bisa digunakan pada MacOs. Akan tetapi, saat ini software tersebut sudah bisa digunakan juga di sistem operasi lain seperti Windows dan juga Linux.

Unity umumnya digunakan untuk membuat game. Karena pada dasarnya, software ini merupakan sebuah game engine. Cocok untuk Anda yang ingin membuat game Android.

4.      Adobe Flash

Fungsi utama dari Adobe Flash yaitu untuk membuat animasi maupun gambar vektor. Kendati demikian, saat ini software tersebut sudah banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android.

Buat Aplikasi Mudah di Fastwork

Belajar membuat aplikasi Android memerlukan waktu yang cukup lama. Jika Anda ingin segera membuatnya, Anda bisa mempercayakan kepada layanan Fastwork. Karena, di www.fastwork.id, ada banyak jasa pembuatan aplikasi Android harga murah.

Meskipun murah, kualitasnya tidak murahan. Bahkan, pembuat aplikasi Android di Fastwork merupakan orang yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, ada banyak sekali penyedia jasa yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memilih layanan, Anda bisa mengecek terlebih dahulu portofolio penyedia layanan. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui bagaimana hasil project yang sudah mereka kerjakan. Selain itu, portofolio juga dapat membantu Anda untuk menemukan penyedia layanan yang ideal.

Demikian informasi seputar cara buat aplikasi Android untuk pemula. Jika ingin mudah dan cepat, Anda bisa membuatnya melalui penyedia layanan yang tersedia di https://fastwork.id/mobile-application. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang ingin memiliki sebuah aplikasi Android yang powerfull.