Kenali Aplikasi-aplikasi Ini Sebelum Kuliah Design

Seiring perkembangan teknologi dan digital, jurusan desain grafis juga semakin populer. Terbukti dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap jurusan ini setiap tahunnya. Hal tersebut wajar karena lulusan kuliah design memiliki prospek kerja yang luas. Ahli desain tidak hanya dicari oleh perusahaan media massa saja namun juga perusahaan-perusahaan lainnya.

Namun yang perlu Anda ketahui jika saat kuliah nanti Anda tidak mendesain di kertas melainkan mendesain di komputer. Ada beberapa aplikasi editing yang wajib Anda kenali sebelum mulai kuliah. Adapun aplikasi-aplikasi tersebut yaitu:

CorelDraw

CorelDraw merupakan salah satu aplikasi yang populer dan dikenal lama oleh para desainer grafis. Ada banyak kemudahan dan fitur memukau yang ditawarkan oleh CorelDraw sehingga layak menjadi aplikasi yang populer. Beberapa kelebihan CorelDraw yang perlu Anda ketahui yaitu kustomisasi tampilan bagus, tersedia video tutorial, desain aplikasi mudah, dan tersedia paket langganan.

Adobe InDesign

Aplikasi selanjutnya yang mungkin akan Anda temui saat kuliah design adalah Adobe InDesign. Aplikasi ini disukai lantaran bisa digunakan untuk membuat layout berbasis mobile maupun desktop. pemanfaat fitur drag and drop juga lebih memudahkan Anda dalam membuat layer atau mengubah ukuran gambar. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Adobe InDesign di antaranya yaitu mudah digunakan oleh pemula, fitur beragam, bisa menggabungkan teks dan gambar dengan mudah, dan lain-lain.

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah software yang digunakan untuk membuat desain berbasis vektor misalnya seperti ilustrasi yang kompleks, sketsa, serta tipografi. Anda bisa memanfaatkan plugin yang dihadirkan untuk memaksimalkan pekerjaan. Kelebihan aplikasi ini yaitu bisa digunakan baik di PC desktop ataupun Mac. Akan tetapi untuk memanfaatkan fitur Adobe Illustrator, Anda harus membeli lisensi dengan harga yang cukup mahal.

kuliah design

Adobe Premiere

Aplikasi selanjutnya masih dari Adobe yaitu Adobe Premiere. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengolah file bertipe video. Jika bercita-cita menjadi video editor maka Anda wajib menguasai aplikasi Adobe Premiere. Ada banyak efek yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat video yang menarik.

Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe Photoshop menjadi aplikasi pengolah gambar yang sama populernya dengan CorelDraw. Beberapa desainer terkadang juga memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat desain logo, banner, maupun tipografi. Adobe Photoshop mudah dipelajari karena banyak tutorial yang bisa Anda temukan di internet.

GIMP

GIMP sering digunakan sebagai alternatif pilihan lain dari Adobe Photoshop. Keunggulan aplikasi ini yaitu gratis atau bisa digunakan secara bebas. Bahkan GIMP juga bersifat open source di mana siapa pun bisa mengembangkannya tanpa takut oleh hak cipta. Meskipun gratis, GIMP tetap nyaman digunakan, terutama bagi Anda yang masih baru memulai dunia desain.

Inkscape

Inkscape adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis dan vektor. Anda bisa meng-install aplikasi ini pada sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac. Tampilan antarmuka Inkscape sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh semua orang, termasuk pemula. Sama seperti GIMP, aplikasi ini juga bersifat open source atau bebas dikembangkan.

Itulah aplikasi-aplikasi yang mungkin akan Anda temui di kampus saat kuliah design. Salah satu kampus di Indonesia yang juga menyediakan jurusan desain adalah International Design School atau IDS. Anda akan belajar berbagai hal mengenai desain, termasuk dengan mempelajari pembuatan UI atau user interface dan UX atau user experience. Aplikasi yang dipelajari di International Design School yaitu Adobe InDesign, After Effect, Illustrator CC, Photoshop CC, dan XD. Tertarik menjadi bagian dari IDS? Informasi pendaftaran program Digital Design College bisa dilihat di idseducation.com.