pembersih wajah alami
pembersih wajah alami

Membersihkan wajah perlu dilakukan secara rutin agar wajah terhindar dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Menggunakan pembersih wajah alami sangat dianjurkan karena aman dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan yaitu aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya sendiri cukup mudah ditemukan di sekitar kita.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya yang sebelumnya dikenal baik untuk kesehatan rambut, saat ini juga mulai dipakai untuk kesehatan kulit wajah. Beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit wajah, antara lain:

a. Mengatasi Iritasi Kulit

Lidah buaya mengandung phytosterol yang akan membantu mengatasi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

b. Mendinginkan Kulit

Lidah buaya mengandung zat yang dapat mendinginkan kulit terutama setelah terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

c. Mengurangi Peradangan

Lidah buaya juga mengandung zat anti radang, sehingga cocok untuk kulit yang mudah berjerawat.

Membuat Pembersih Wajah Dengan Lidah Buaya

Anda bisa membuat sendiri pembersih wajah yang terbuat dari lidah buaya. Ada beberapa bahan lain yang diperlukan agar pembersih wajah ini dapat bekerja secara optimal. Beberapa bahan yang dibutukan antara lain air, gel lidah buaya, madu asli, minyak chamomile, dan minyak lavender. Campurkan bahan-bahan tersebut dan taruh dalam botol pembersih yang dilengkapi pompa.

Gunakan pembersih wajah alami ini dua kali dalam sehari. Bilas menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut. Pemakaiannya juga dapat dikombinasikan dengan sabun almond cair dan minyak jojoba. 

Bagi yang kesulitan untuk menggunakan lidah buaya dengan bahan-bahan lainnya maka bisa menggunakan bahan yang ada saja. Pastikan bahan yang digunakan aman dan alami.

Selain itu, saat ini ada juga produk pembersih wajah yang lebih praktis digunakan. Misalnya saja Nameera Hydrating Gel Cleanser. Produk non sabun ini bisa dipercaya untuk membersihkan kulit tanpa menjadikannya terasa kering. Selain itu dapat membuat kulit menjadi lebih cerah alami karena dilengkapi dengan VB3 Radiant Agent. Produk ini juga tidak masalah digunakan untuk semua jenis kulit.