makanan bernutrisi tinggi
Kesehatan

Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Dengan 10 Makanan Bernutrisi Tinggi

Dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan berbagai macam nutrisi penting dari konsumsi makanan setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini tentunya bisa memberikan dampak yang pesat untuk tumbuh kembang yang sempurna. Dari itu pula pilihan makanan bernutrisi tinggi harus benar-benar dipilih disesuaikan dengan kebutuhan nutrisinya.

Ada berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi yang bisa menjadi pilihan untuk diberikan anak, akan tetapi sebagai orang tua yang bijak harus benar-benar dapat memilih makanan yang tidak hanya enak tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Lalu apa saja jenis makanannya? Berikut ini kami bahas sepuluh makanan bernutrisi tinggi yang sangat penting diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap hari.

  1.  Oatmeal. Konsumsi oatmeal untuk anak-anak sangat baik untuk sistem pencernaannya. Ini karena tingginya kandungan serat dalam oatmeal dan sangat cocok dijadikan sebagai sarapan sehat anak. Konsumsi yang rutin dari oatmeal juga berpengaruh baik untuk meningkatkan konsentrasi anak saat belajar, dan ini banyak dibuktikan dari berbagai penelitian para ahli.
  2. Telur. Konsumsi telur untuk anak bisa dibuat berbagai jenis makanan yang menarik dan tentunya memiliki rasa yang enak. Selain itu kandungan nutrisinya juga kaya seperti vitamin D yang sangat berfungsi dalam membantu menyerap kalsium.
  3. Ikan salmon. Ikan salmon sudah terkenal sebagai salah satu ikan terbaik yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Salah satunya yaitu omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak, menurunkan resiko inflamasi, dan juga mencegah depresi. Dengan kandungannya yang baik maka sebagai orang tua wajib memasukan ikan salmon dalam menu makanan anak.
  4. Cokelat. Pilihan konsumsi makanan seperti coklat untuk anak sebaiknya dipilih yang memiliki warna hitam, sebab semakin gelap warna coklat maka akan semakin baik kandungan nutrisinya. Walaupun begitu untuk konsumsi coklat ini sebaiknya juga jangan berlebihan karena bisa mengganggu kesehatan gigi anak jika tidak rajin membersihkannya.
makanan bernutrisi tinggi
makanan bernutrisi tinggi
  1. Blueberry. Konsumsi buah-buahan jenis blueberry sangat disarankan untuk anak-anak, karena kandungan nutrisinya yang baik. Dalam blueberry terkandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi anak.
  2. Tomat. Buah yang sering masuk sebagai bagian dari bumbu masakan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam tomat terkandung senyawa lycopene, antioksidan pelawan kanker, dan yang lainnya. Untuk konsumsinya disarankan setelah di masak karena kandungan lycopenenya akan semakin meningkat.
  3. Tahu dan tempe. Dua produk hasil dari kacang kedelai ini sudah akrab sebagai salah satu menu makanan yang ada di Indonesia. Dengan harganya yang murah ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein. Selain itu bagi anak perempuan konsumsi tahu atau tempe juga baik dalam perkembangan jaringan payudara anak.
  4. Yogurt. Produk turunan dari susu ini bisa dijadikan sebagai cemilan yang sehat untuk anak. Ini karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan pencernaan anak, selain itu konsumsi yogurt juga baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. 
  5. Kubis. Untuk jenis sayuran salah satu jenis makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk anak dapat diberikan sayur kubis. Kandungan nutrisi didalamnya sangat baik untuk bisa mencegah penyakit kanker dan menjaga kesehatan pencernaan anak.
  6.  Bayam. Jika membahas sayuran untuk anak tentu saja sayur bayam tidak boleh terlewat, jenis sayuran yang satu ini sudah akrab sebagai salah satu menu pilihan banyak keluarga untuk putra-putrinya.