Bisnis

Jenis Giro dan Perbedaannya dengan Tabungan

Giro dan tabungan memiliki sistem transaksi yang mirip sehingga sulit dibedakan oleh orang awam. Akan tetapi secara garis besarnya, giro adalah alat transaksi keuangan antar rekening. Jadi proses pemindahan uang berbeda dengan proses transfer melalui ATM atau rekening. Pasalnya ada syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi sebelum memindahkan dana dalam giro. Sebelum mengetahui lebih lengkap mengenai perbedaan giro dan tabungan, ketahui juga jenisnya berikut ini:

Jenis Giro

  1. Rekening giro perorangan

Jenis pertama adalah rekening giro perorangan yang dibuat nasabah atas nama pribadi atau usaha pribadi. Beberapa jenis usaha yang masuk yaitu bengkel, warung, toko kelontong, dan lain-lain. Jumlah minimum rekening perorangan terbilang kecil yaitu sekitar Rp 250.000.

  1. Rekening giro badan usaha

Jenis selanjutnya adalah jenis yang paling banyak dipilih nasabah yaitu rekening giro badan usaha. Rekening ini dibuat atas nama perusahaan, firma hukum, maupun organisasi. Jumlah minimumnya lebih besar dibandingkan rekening perorangan yaitu Rp 500.000.

Perbedaan dengan Tabungan

  1. Tanggal terbit dan efektif

Perbedaan giro dan tabungan yang pertama adalah adanya tanggal terbit dan efektif pada rekening giro. Tanggal tersebut adalah penanda bahwa transaksi dengan rekening giro bisa dilakukan. Sementara transaksi menggunakan rekening tabungan bisa dilakukan kapans aja.

  1. Batas penarikan dana

Batas penarikan dana menjadi perbedaan selanjutnya. Mungkin sudah banyak di antara Anda yang tahu jika batas penarikan dana rekening tabungan cukup kecil yaitu antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Sedangkan rekening giro memiliki batas yang tinggi, bahkan mencapai Rp 500 juta dalam sehari.

  1. Laporan transaksi

Laporan transaksi rekening tabungan bisa dilihat dari mutasi yang diakses melalui mesin ATM, mobile banking, atau teller bank. Sedangkan laporan transaksi rekening giro dikirimkan bank kepada nasabah melalui pos.

Itulah pembahasan mengenai jenis giro dan perbedaannya dengan rekening tabungan. Apabila Anda membutuhkan rekening giro, cobalah membuka rekening Giro BISA dari Bank Danamon. Banyak kelebihan yang ditawarkan, termasuk gratis biaya transaksi. Selain Giro BISA, Bank Danamon juga menawarkan beberapa produk giro lain seperti Giro Mitra Pasti, Prima Giro, Giro BISA iB, dan Giro. Selengkapnya mengenai produk-produk tersebut ada di website www.danamon.co.id