solitaire engagement ring
Bisnis

Solitaire Engagement Ring, Berlian Istimewa Untuk Orang Terkasih

Meski cincin ini tidak memiliki banyak model, tapi hampir setiap acara pertunangan diwakili oleh cincin solitaire engagement ring yang disematkan pada pasangan, menjadi awal dari sebuah janji akan kehidupan bersama. Berlian sendiri semenjak dulu sudah menjadi lambang cinta sejati. Sehingga sering dipilih untuk menghiasi cincin pertunangan atau cincin kawin.

Alasan Berlian Dipilih Sebagai Solitaire Engagement Ring

Ada banyak batu permata berharga yang biasa dijadikan sebagai penghias cincin. Misalnya zamrud, blue safir, ruby dan permata lain. Namun berlian lebih sering dipilih untuk menghiasi cincin tunangan emas. Ada 2 alasan kenapa berlian lebih banyak digunakan.

Kilaunya Indah Berlian 

solitaire engagement ring
solitaire engagement ring

Semenjak dulu, berlian dikagumi karena pendarnya yang indah saat terkena cahaya. Berlian sendiri memiliki 4C yakni cut, color, clarity, dan carat. Semakin tinggi nilai 4C tersebut, semakin mahal harganya. Berlian juga semakin nampak indah jika clarity mencapai VVS1. Dimana cacat yang ada, tidak dapat dilihat dengan mikroskop apalagi mata telanjang.

Cut atau potongan bentuk berlian juga mempengaruhi kecantikannya. Ada 3 model potongan berlian yang biasa dijual. Yaitu shallow cut, deep cut dan excellent cut. Masing-masih bentuk potongan atau biasa disebut asahan ini, memiliki arti masing-masing.

Misalnya shallow cut, yang merupakan jenis potongan biasa dan tidak dapat menampilkan pantulan cahaya. Sedang deep cut adalah potongan yang terlalu dalam. Akibatnya berlian tampak gelap karena bocor cahaya di bagian kiri kanan. Potongan terbaik ialah excellent cut, proporsi potongannya tepat sehingga dapat menonjolkan kecantikan berlian.

C yang ketiga adalah color pada berlian, warna yang tertinggi ditandai dengan istilah D, yang terendah Z. Warna berlian yang transparan hampir sulit ditemukan, tidak heran jika harganya mahal. Sedang berlian dengan warna semu kecoklatan atau kuning, dihargai lebih rendah.

Terakhir adalah carat berlian. Carat ini sendiri merupakan satuan berat yang biasa digunakan untuk menghitung berlian atau permata berharga lain. Satu karat nilainya adalah 0,2 gram. Berlian dan batu berharga ini lebih banyak dihitung menggunakan berat, bukan berdasar volume.

Lambang Cinta

Berlian semenjak dahulu telah dikenal sebagai batu yang melambangkan cinta sejati. Hal ini diambil dari sifat berlian sebagai zat paling keras di dunia. Sehingga pantas dijadikan simbol cinta abadi dan tidak tergantikan oleh yang lain. Jadi banyak pasangan yang memilih berlian untuk cincin tunangan.

Model Cincin Tunangan Emas

Model solitaire engagement ring sering menjadi pilihan ketika pasangan kekasih ingin mengadakan acara pertunangan. Ada beberapa macam cincin yang sering direkomendasikan oleh ahli perhiasan. Jadi mereka dapat memilih sesuai dengan selera kesukaan masing-masing.

Round Cut

Bentuk berlian yang paling umum digunakan dalam cincin tunangan adalah round cut. Potongan berlian yang bulat mampu menyebarkan kilau dengan baik. Para wanita dari berbagai usia juga cenderung memilih untuk mengenakan cincin ini. Besar berlian dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Oval Cut

Bentuk berlian dengan potongan oval juga banyak dipilih oleh para wanita. Potongan berlian tersebut mampu membuat jemari yang mengenakannya tampak lebih lentik. Serta terasa lebih ramping, sehingga memberikan kesan feminim yang pas. Cincin dapat menggunakan bahan emas atau platina agar tampak lebih menawan.

Bila Anda ingin memesan solitaire engagement ring, dapat melakukan pembelian di Mondial & Miss Mondial. Ada banyak model cincin serta berlian yang dapat dipilih sesuai dengan selera serta keperluan. Awali hubungan Anda bersama dia, dengan mengenakan cincin berlian istimewa dari Mondial & Miss Mondial.