Perabotan Kantor & Fungsinya

Perabot kantor adalah salah satu sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan suatu kantor. Ada banyak jenis perabotan kantor, seperti: meja, kursi, rak, lemari dsb.

Jenis-jenis perabot tersebut masuk ke dalam sarana prasarana yang tidak habis pakai. Artinya, dapat dipakai terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa macam perabotan kantor dan fungsinya yang wajib Anda tahu:

1. Meja Kantor

Image result for Meja Kantor ikea

Meja di kantor salah satu perabot yang fungsinya sangat penting yaitu digunakan untuk mengerjakan pekerjaan atau menyimpan perkakas kantor lainnya, seperti: komputer, printer, alat-alat tulis kantor dsb. Berbeda dengan meja untuk kebutuhan di rumah, pada meja kantor harus memenuhi syarat-syarat yang ideal. Diantaranya adalah: Bagian depan meja tidak seluruhnya tertutup.

Hal tersebut agar peredaran udara lancar sehingga kaki para pegawai yang menggunakan meja tidak merasa panas. Pastikan bagian permukaan meja tidak mengkilap, karena jika mengkilat bisa membuat mata pegawai silau dan tidak nyaman saat digunakan. Luas meja disesuaikan dengan kedudukan yang menggunakannya. Namun sebaiknya meja untuk kantor tidak boleh terlalu besar dan sudutnya dapat terjangkau oleh tangan.

2. Kursi Kantor

Image result for Kursi Kantor ikea

Sama seperti meja, perabot kursi kantor juga harus sesuai dengan syarat atau standar yang tepat. Syaratnya yaitu: sebaiknya bisa diatur tinggi rendahnya, kuat dan kokoh, bentuknya sesuai dengan bentuk orang yang mendudukinya, memiliki bagian senderan pada bagian belakang, nyaman saat diduduki.

Kursi kantor ada beberapa model dan bisa dijadikan sebuah penanda jabatan. Misalnya kursi pimpinan biasanya memiliki roda dibagian kaki kursi sehingga lebih mempermudah gerak kursi dan memiliki jok yang tebal dan empuk.

3. Lemari

Image result for Lemari kantor  ikea

Pengorganisasian benda-benda kantor harus tertata dengan rapi, dengan tujuan agar lebih mudah menyimpan dan mengambilnya kembali. Perabot kantor untuk menyimpan benda-benda adalah lemari. Ada banyak jenis lemari kantor sesuai dengan fungsinya. Diantaranya adalah sebagai berikut: Lemari warkat adalah  lemari yang digunakan untuk menyimpan kertas-kertas yang belum diolah atau belum dipindahkan ke bentuk file.

Lemari rak adalah yang mirip dengan lemari marka, biasanya digunakan untuk menyimpan map atau laporan yang sudah dibundel. Lemari brankas adalah lemari yang fungsinya untuk menyimpan check, surat berharga dan uang. Karena perabotan kantor dan fungsinya ini juga untuk menyimpan benda-benda berharga maka lemari model ini sudah dilengkapi keamanan kode nomor atau gembok.