Jenis Makanan Untuk Menu Diet Sehat Ibu Menyusui

Pada masa – masa menyusui, seorang ibu diwajibkan mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat yang bergizi lengkap dan seimbang, karena konsumsi ibu tersebut akan mempengaruhi kesehatan sang bayi disusui-nya. Kuantitas makanan yang dikonsumsinya pun harus lebih banyak dari biasanya karena makanan tersebut seakan – akan di konsumsi oleh dua orang yaitu sang bayi dan ibunya itu sendiri. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan, maka kondisi tubuh sang ibu menjadi mudah gemuk dan berat badannya hampir sulit untuk dikendalikan.

menu diet sehat
menu diet sehat

Oleh sebab itu, diperlukan sebuah program diet untuk seorang ibu menyusui agar berat badan si ibu mudah untuk dikendalikan tanpa mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan oleh sang bayi. Dalam hal ini, mengkonsumsi menu diet sehat merupakan pilihan utama bagi sang ibu yang ingin menjaga kondisi tubuhnya tetap ideal seperti saat sebelum melahirkan.

Cukup banyak menu diet sehat yang bisa anda pilih untuk menjaga tubuh anda tetap ideal dimana berat dan tinggi badan anda dalam kondisi yang sangat proporsional. Menu diet sehat untuk ibu menyusui bisa menggunakan beberapa jenis makanan sebagai bahan dasar dari menu diet sehat tersebut.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat menu diet sehat yang sangat cocok untuk ibu menyusui yaitu sebagai berikut :

  1. Ikan salmon yang mengandung DHA yang sangat baik untuk otak bayi
  2. Daging sapi tanpa lemak yang mengandung zat besi yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui namun tidak menaikan berat badan si ibu
  3. Kacang merah dan hitam yang merupakan sumber protein nabati kualitas tinggi yang akan memperbaiki kualitas ASI namun tidak akan membuat berat badan anda semakin bertambah.
  4. Nasi Merah. Mengkonsumsi nasi merah adalah pilihan makanan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi sebagai sumber energi serta kalori sehingga menghasilkan ASI yang jauh lebih berkualitas untuk buah hati anda.

Jika anda menginginkan berbagai informasi tentang menu diet sehat yang efektif untuk ibu menyusui serta informasi penting lainnya yang berkaitan dengan masalah kesehatan, resep masakan dan makanan serta gaya hidup, anda bisa mengunjungi sebuah website yang dibuat oleh Nestle.

Website yang dimaksud tersebut bernama Sahabat Nestle. Situs tersebut berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia, pembuatan resep makanan dan masakan serta beberapa informasi penting mengenai gaya hidup manusia yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda.