College in indonesia

 

Memutuskan untuk kuliah berarti kamu harus bisa mandiri dan mendisiplinkan diri. Banyak universitas yang bisa kamu pilih salah satunya ada Universitas Indonesia yang merupakan salah satu terbaik collage in Indonesia.

Dengan memasuki dunia perkuliahan, kamu dituntut oleh tanggung jawab yang lebih besar, apalagi jika kamu memilih kuliah di luar kota. Jauh dengan orang tua, tinggal di kos dan lain sebagainya. Karena belum bisa menghasilkan uang sendiri, pastinya masih di beri uang saku oleh orang tua.

College in indonesia

Disini kamu harus pintar-pintar mengatur uang supaya bisa memenuhi kebutuhan selama satu bulan tanpa harus meminta uang tambahan. Berikut ada beberapa tips hemat saat kuliah, diantaranya:

  • Menabung

Pastinya kamu berpikir, boro-boro buat nabung, untuk kebutuhan sehari-haripun sudah pas-pasan. Namun kamu harus berusaha untuk bisa menabung untuk membatasi pengeluaran dan untuk biaya hal yang tidak terduga.

  • Mengelompokan pengeluaran

Mulailah untuk membiasakan mengelompokan jenis-jenis pengeluaran. Kamu bisa membuat daftar pengeluaran apa saja yang bisa dilakukan secara rutin, seperti biaya sewa kos, makan, transfortasi dan lain sebagainya. Selain itu juga kamu harus membuat daftar pengeluaran yang tidak rutin seperti biaya fotocopy, membeli buku, jalan-jalan dan lain sebagainya. Kalau perlu simpan struk atau bukti pembayaran setiap transaksi untuk mengevaluasi pengeluaran kamu setiap akhir bulan.

  • Membawa bekal

Mungkin jika tinggal dengan orang tua pasti akan ada yang menediakan bekal untuk ke kampus. Hal ini pasti sulit dilakukan oleh seorang mahasiswa yang mempunyai jadwl padat setiap harinya. Namun berusahalah untuk bisa membagi waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri dipagi hari, tidak perlu yang rumit, pilihlah makanan yang simple. Selain hemat, membawa makanan sendiri terbilang lebih sehat dibandingkan dengan makan di rumah makan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara menghemat ketika kuliah. Semoga tips diatas dapat bermandaat bagi kamu yang memilih kuliah di luar kota. Pilihlah kampus yang sudah bertaraf internasional seperti Universitas Indonesia yang merupakan terbaik collage in Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here