pola asuh anak

Berbicara adalah salah satu cara untuk manusia berkomunikasi. Termasuk anak-anak yang masih belajar berbicara pada usia satu tahun. Meskipun sudah bisa mengatakan beberapa kosa kata namun kadang pembicaraannya masih belum bisa dimengerti dengan baik. Dengan kata lain anak masih dalam proses mengumpulkan kosa kata dan memperlancar bicaranya. Adapun pola asuh anak yang harus diperhatikan untuk membantu anak lancar berbicara.

Tidak sedikit orang tua yang menerapkan pola asuh anak  yang kurang tepat saat anak belajar berbicara. Orang tua biasanya jarang memperbaiki kosa kata yang salah (cadel). Sehingga hingga usianya sudah besar anak masih belum pasih berbicara. Maka dari itu, kali ini ada beberapa cara untuk membuat anak lancar berbicara.

pola asuh anak

Berikut 4 tips pola asuh anak agar lancar berbicara.

  1. Ajak Berkomunikasi Sesering Mungkin

Langkah pertama agar anak bisa berbicara dengan lancar adalah dengan giat mengajak si buah hati untuk terus berkomunikasi. Meskipun kata-katanya masih belum dimengerti. Coba tanyakan apa yang sedang dia lakukan, apa yang dia makan, kenalkan dengan benda-benda di sekeliling. Bisa dimulai dengan mengenalkan anggota tubuh. Dengan terus mengajak si kecil berkomuunikasi akan menstimulus otaknya untuk aktif dan jauh lebih komunikatif.

2. Ajak Berkomunikasi dengan Cara Mendongeng atau benyanyi

Mendongeng dan bernyanyi adalah cara berkomunikasi yang menyenangkan. Cerita dan gambar yang menarik pada buku dongeng akan membuatnya penasaran untuk ingin tahu lebih banyak. Sehingga ingin mendengarkan cerita dongeng selanjutnya. Dengan kemampuan mendengarkan yang baik akan membuat kemampuan berbicara juga baik.

Dengan cara bernyanyi, adalah cara berkomunikasi yang menyenangkan. Irama yang energik biasanya akan lebih disukai anak-anak. Selain itu anak juga biasanya akan mengikuti lirik yang ada pada lagu yang ia sukai.

3. Berikan Permainan yang Merangsang Kecerdasan Anak

Anda bisa memberikan permainan yang merangsang kecerdasan anak seperti, puzzle atau gambar binatang-binatang. Hal ini bisa melatih rasa ingin tahunya sehingga anak mencoba bertanya.

4. Menanggapi Ocehannya

Saat anak sedang mengoceh cobalah untuk menanggapinya. Meskipun ocehannya belum dimengerti. Ibu bisa menggapinya dengan cara menanyakan maksud ocehannya atau dengan cara tersenyum dan tertawa.

Itulah empat cara untuk membantu anak lancar berbicara. Selain itu tetaplah memberikan nutrisi yang baik dengan memberikan susu Dancow FortiGro 1+ untuk tetap mendukung nutrisi yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here