Belajar Menghitung Usia Kehamilan dan Perkiraan Kelahiran

Kehamilan bagi seorang wanita merupakan anugerah yang sangat bermakna dan sangat berkesan. Hal tersebut seringkali dijadikan patokan kesempurnaan peran seorang wanita didunia ini. Ada banyak hal yang harus menjadi perhatian bagi seorang wanita yang tengah mengandung. Diantara yang paling penting ialah selalu mengontrol perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai dengan usia perkembangannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengetahui usia kehamilan. Hal tersebut bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan cara menghitung usia kehamilan yang sederhana dan bisa dilakukan sediri di rumah. Cara untuk menghitung usia kehamilan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh anita yang tengah mengandung.

Anda bisa menghitung usia perkirakehamilan anda dan perkiraan kelahiran menggunakan cara menghitung usia kehamilan manual. Caranya sederhana, anda bisa menghitungnya dengan cara cepat dalam sebuah kertas. Kita bisa menghitung usia kehamilan dengan menggunakan rumus Neagele. Kita misalkan HPHT atau hari pertama haid terakhir adalah “x”. Kemudian bulannya kita misalkan “y” dan tahun kehamilan kita misalkan “z”. Jika bulan pada saat Anda mengalami HPHT tersebut angkanya lebih dari 3, maka gunakan rumus (x+7) – (y-3) – (z+1). Akan tetapi jika bulan saat Anda mengalami HPHT tersebut kurang dari 3, maka gunakan rumus (x+7) – (y+9) – (z). Setelah itu anda bisa mengetahui berapa usia kandungan anda, untuk selanjutnya anda dapat menentukan kapan perkiraan kelahiran anak anda.

Dengan mengetahui usia kehamilan tersebut tentu saja jadi hal yang bermanfaat karena dapat membantu anda untuk lebih siap menghadapi persalinan dimasa yang akan dating. Selain itu hal tersebut dilakukan untuk menjadi bahan pertimbangkan perkiraan perkembangan janin yang harus sesuai dengan standar perkembangan pada usia kehamilan tertentu. Untuk lebih memastikan lagi, sebaiknya anda rutin mengontrol kehamilan secara klinis atau medis di dokter, anda bsa menghitung usia kehamilan dengan cara klinis menggunakan teknik usg. Langkah tersebut dipercaya sesuai dengan cara manual yang biasa dilakukan sebagaimana cara menghitung manual yang disebutkan diatas.