Menanam Kebaikan Bagi Orang Tua

Menanam Kebaikan Bagi Orang Tua

Memang penyesalan tidak akan datang lebih dulu. Setiap anak akan merasa menyesal  telah menyia-nyiakan orang tua setelah mereka meninggal. Berbagai upaya dilakukan untuk menutupi penyesalan itu, misalnya mengadakan tahlil, cetak buku Yasin,  menghiasi kuburan mereka dengan bunga-bunga dan lain-lain. Ceremonial ini sering kita saksikan di keluarga-keluarga besar yang baru ditinggalkan orang tuanya.

Penyesalan menyia-nyaiakn orang tua adalah hal yang manusiawi karena pernah Zaman Rosulullah seorang sahabat yang menyatakan penyesalannya bahwa selama orang tuanya masih hidup ia tidak sempat berbuat baik kepada mereka. Mendengar hal tersebut Rasululloh bersabda bahwa ada dua macam berbuat baik pada orang tua yaitu ketika mereka masih hidup dan ketika mereka sudah meninggal dunia. Jadi sahabat ini memiliki kesempatan kedua yaitu berbuat baik pada orang tua setelah meninggal dunia.  Menurut Rasululloh ada 4 macam kebaikan yang dapat dilakukan kepada orang tua yang sudah meninggal, yaitu:

  • Mendoakan keduanya. Doa yang paling utama yaitu doa yang dilakukan oleh anak-anak mereka. Namun bila ingin afdhol lagi boleh meminta bantuan pada jamaah masjid atau pengajian. Biasanya mereka membacakan surat Yasin. Oleh karena itu untuk kebutuhan ini dibutuhkan buku Yasin yang banyak karena tidak semua orang hafal surat Yasin. Nah untuk para anak cetak buku Yasin sangat penting demi menghimpun doa untuk orang tua kita. kini hadir percetakan SNAPY  yang dapat mencetak buku yasin dalam skala besar. Dengan target waktu yang singkat SNAPY ditangani oleh tenaga-tenaga professional.
  • Menjaga tali silaturahmi. Para ahli waris dapat mendatangi sanak saudara atau sahabat-sahabat orang tua. Lakukan ini secara rutin.
  • Melakukan kebaikan yang selama ini telah dilakuakan oleh kedua orang tua. Selama hidupnya pasti orang tua memiliki kebiasaan beramal sholeh, misalnya selalu sholat berjamaah, mengikuti pengajian, menyantuni anak yatim dan lain-lain. Kebaikan-kebaikan tersebut jangan putus karena mereka sudah meninggal, lanjutkan oleh kita sebagai ahli warisnya.

Dengan demikian bagi yang orang tuanya sudah tiada tidak perlu khawatir karena masih ada kesempatan yang kedua yaitu kebaikan pada orang tua yang sudah meninggal.  Cetak buku Yasin pun dapat dikategorikan kebaikan karena selain dapat menghimpun doa juga sebagai amal soleh karena telah menyediakan sarana untuk orang berdoa.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *