Mengatasi Anak Susah Makan
Mengatasi Anak Susah Makan

Memberi perhatian yang berlebih kepada sang buah hati memang mesti dilakukan oleh setiap orang tua, dari mulai bangun tidur sampai kepada ketika mereka tidur memang mesti diperhatikan secara ekstra. Anak mulai diberi makan ketika berumur 6 bulan, pada masa tersebut anak sudah diberi makanan pendamping ASI dengan menggunakan biskuit, bubur, serta makanan bartekstur lembut lainnya yang aman bagi pencernaan bayi. Namun tidak semua anak sangat bagus dalam hal makan, kebanyakan dari mereka sulit untuk diajak makan. Dalam hal ini, ibu selalu mencari cara untuk mengatasi anak susah makan. Semisal dengan berkonsultasi kepada dokter anak, ataupun kepada psikolog yang mengerti akan pertumbuhan anak.

Dalam mengatasi anak susah makan memang terlihat mudah, padahal sangat sulit. Hal ini karena jika dipaksakan, maka akan berdampak tidak baik bagi psikologis anak. Namun jika dibiarkan justru anak akan kekurangan nutrisi dan gizi untuk pertumbuhannya yang semakin pesat. Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan dalam hal mengatasi masalah tersebut, diantaranya yaitu :

1. Kesukaan anak
Sebagai orang tua yang selalu dekat dengan anaknya, mungkin anda lebih mengetahui apa yang disukai anak anda. Semisal mereka memiliki sebuah barang seperti boneka, anda bisa mengajak anak anda untuk makan dengan boneka tersebut atau berada didekatnya ketika dia makan. Buatlah Suasana yang nyaman dan menyenangkan dengan mengajaknya bermain sambil makan, atau apapun yang mereka sukai seperti bernyanyi dan lain sebagainya namun masih tetap dalam koridor kesopanan dan etika ketika makan.

2. Biarkan mereka makan sendiri
Anak yang aktif biasanya selalu ingin melakukan berbagai hal sendiri dengan meniru kebiasaan dari orang yang terdekatnya termasuk saat makan. Keterampilan makan memang perlu diajari kepada anak, terutama cara dan etika makan yang baik. Jangan takut rumah akan berantakan, atau makanan menjadi tak karuan, karena dengan begitu mereka sedang belajar cara makan yang benar.

Selain kedua hal tersebut, masih ada banyak cara mengatasi anak susah makan yang lainnya yang bisa anda pelajari baik dari buku, orang yang telah berpengalaman, serta pengalaman sendiri.