Tips Mengamankan Data- Data Perusahaan

Setiap perusahaan yang ada ini dibangun dengan beberapa tujuan. Ada perusahaan yang khusus bergerak di bidang produksi barang, produksi jasa, dan lain sebagainya. salah satu hal yang paling penting dimiliki sebuah perusahaan adalah data. Data yang terdapat di setiap perusahaan bisa terbagi menjadi data yang biasa dan data yang penting atau rahasia. Yang menjadi masalah adalah, bagaimana jika data penting atau rahasia tersebut hilang? Oleh karena itu, kita mungkin harus mencari jasa recovery data untuk memulihkan dan mengembalikan data – data yang hilang tersebut. Selain itu, dalam artikel ini akan dibahas apa saja tips untuk mengamankan data – data perusahaan.

Agar data yang penting atau rahasia tetap terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang dapat ada lakukan, diantaranya:

  1. Memilih seseorang yang dipercaya untuk menyimpan data tersebut. Anda harus menunjuk orang terpercaya untuk menjaga semua data perusahaan dan orang tersebut tentunya harus setia pada perusahaan, tidak teledor, dan cermat.
  2. Lakukan penyimpanan dengan dua cara. Pertama, simpan data dalam bentuk cetak dan kedua, simpan data dalam bentuk file. Ini akan saling menguntungkan dimana jika file data dikomputer hilang, kita masih punya salinan data tersebut dalam versi cetak. Sebaliknya, jika versi cetak hilang, kita masih memiliki data dalam bentuk soft file di komputer.
  3. Buat salinan data lebih dari satu. Baik versi cetak atau file, sebaiknya kita memiliki salinannya. Anda bisa mencetak data lebih dari dua untuk jaga – jaga. Anda juga dapat mengcopy data file komputer dan disimpan di beberapa media berbeda. Misalnya, data asli disimpan di komputer, sedangkan salinannya dapat disimpan di CD atau flashdisk.

Akan tetapi, jika data perusahaan di dalam komputer terhapus atau hilang, tentu saja kita harus mengandalkan ahli IT yang berkompeten dalam bidang ini. kita dapat mengandalkan jasa recovery data untuk memulihkan data – data penting perusahaan tersebut. meskipun, kehadiran jasa untuk mengembalikan data itu dapat kita temui dengan mudah, akan tetapi kita tetap harus teliti dalam menyimpan data yang penting.