Jenis Panel Listrik Dengan Kegunaannya

Panel listrik berfungsi sebagai tempat untuk mengatur aliran listrik pada suatu gedung dan juga rumah. Panel listrik ada yang digunakan di rumah-rumah dan juga ada juga panel listrik gedung. Untuk panel listrik rumah, kapasitasnya lebih kecil daripada panel listrik untuk di gedung-gedung, hal ini dikarenakan di gedung-gedung terdapat banyak sekali ruangan yang harus menggunakan aliran listrik. terdapat beberapa jenis dari panel listrik, diantaranya yaitu.

Untuk panel listrik yang pertama yaitu panel KWH. Panel listrik yang satu ini memiliki fungsi sebagai pengukur daya pada masing-masing beban listrik. Panel ini juga merupakan tempat berkumpulnya beberapa KWH. Biasanya panel yang satu ini digunakan di panel listrik gedung.

Untuk panel listrik yang kedua yaitu panel kapasitor bank. Terdapat keuntungan jika menggunakan  panel yang satu ini yaitu panel ini bisa menurunkan biaya tagihan listrik PLN, selanjutnya bisa menurunkan ampere beban motor, kemudian menghilangkan daya induktif pada motor, dan panel ini juga bisa mendinginkan dan juga menstabilkan motor.

Untuk panel listrik yang ketiga yaitu panel genset AMF-ATS. Jenis panel yang satu ini memiliki kegunaan sebagai suplai listrik ketika terjadi pemadaman sehingga jika sebuah gedung menggunakan panel genset ketika terjadi pemadaman dari PLN, maka gedung tersebut masih bisa mendapatkan aliran listrik. biasanya panel yang satu ini digunakan di pabrik-pabrik ataupun juga supermarket.

Untuk panel listrik yang keempat yaitu panel change over switch. Panel yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemutus dan juga penghubung sumber aliran listrik, panel jenis yang satu ini digunakan secara manual.

Untuk panel listrik yang kelima yaitu panel listrik water level control, panel yang satu ini memiliki fungsi untuk mengontrol level air yang ditampung dalam sebuah tangki penampungan. Panel yang satu ini biasa digunakan di industri-industri.

Terdapat produsen panel listrik yang berdiri sejak tahun 80an yaitu Egatek. Produsen panel listrik yang satu ini menawarkan berbagai panel listrik dengan kualitas yang bagus, sehingga jika anda memilih panel listrik dengan merek Egatek anda tidak kesulitan dalam perawatannya.